Sekilas, penampakan Suzuki XL7 terlihat mirip dengan saudara tuanya, yaitu Suzuki Ertiga, apalagi kedua model ini menggunakan platform yang sama. All New Ertiga sebagai model ‘terdekat’ dengan XL7 disebut memiliki banyak kesamaan baik dari sektor eksterior maupun interior. Namun, meskipun demikian, menurut Donny Setiawan selaku Direktur Pemasaran PT SIS, ada 211 komponen yang berbeda pada XL7. Contohnya desain tangki bahan bakar yang berbeda, juga pada sektor kaki-kaki yang di-tune sehingga layak sebagai kendaraan SUV.
Pada sektor mesin, Suzuki XL7 menggendong mesin K15B, 4 silinder 1.500 cc (tepatnya 1.462 cc) dengan tenaga 105 PS @ 6.000 RPM dan torsi 138 Nm @ 4.400 RPM. Transmisinya tersedia dalam versi otmatis 4 speed dan manual 5 speed. Suzuki mengklaim konsumsi BBMnya tembus 15,78 km/liter untuk transmisi otomatis.
Meskipun menggunakan mesin yang sama dengan All New Ertiga dan Jimny, serta All New Carry, namun tetap ada set up yang berbeda pada XL7. Set up ini disebut agar mendukung performa selayaknya sebuah low SUV yang mampu optimal di onroad (jalanan aspal) dan offroad. Suzuki Indonesia juga melakukan perubahan pada body control module (BCM) dan electronic control module (ECU) XL7 sehingga berbeda dengan All New Ertiga. Output yang dihasilkan dari mesin ini kurang lebih sama tapi driving feel bagi pengendara akan berbeda.
Menguji klaim Suzuki atas kualitas XL7, pada saat launching akhir pekan yang lalu para anggota komunitas melakukan test drive. Salah satu perwakilan pengguna Ertiga dari komunitas Ertiga Club Indonesia (ERCI), sebagaimana dikutip dari carmudi, menyebutkan “Kalau dari akselerasi, XL7 bagus dan handling juga oke. Tadi saya coba bawa jalan kencang, dan di belokan bantingannya enggak ngebuang, enak” ujar Noval selaku Wakil Ketua ERCI Chapter Bekasi. “Kalau Ertiga matik digasnya itu agak lama dan ngegerung, kalau matik XL7 enggak, justru dia responsif,” sambungnya antusias.
Mesin type K15B dengan DOHC dan VVT ini mempunyai performa yang bertenaga namun tidak menghasilkan suara yang kasar pada mesinnya, suara mesinnya cenderung halus dan mempunyai tenaga yang besar dan stabil. Mesin K15B ini sudah membuktikan ketangguhannya dengan uji coba beberapa kali dengan test mobil yang dilakukan di medan jalan yang berat seperti tanjakan yang curam dan jalan jalan yang penuh dengan gundukan.
Ketangguhan mesin K15B ini juga dapat dilihat pada Suzuki Jimny. Seperti kita ketahui, mobil ini adalah mobil produk lama Suzuki dan pernah menjadi mobil terlaris di tahun 1990-an namun karena suatu hal yang tidak dijelaskan nama Suzuki Jimny di hilangkan di penjualan mobil di Indonesia tahun itu dan pada tahun 2019 ini Suzuki Jimny kembali dengan edisi terbarunya yang menggunakan mesin type yang sama dengan Suzuki All New Ertiga. Mesin dengan type K15B tenaga silinder 1.500 cc yang sangat irit bahan bakar bensinnya.
Suzuki Jimny yang menggunakan mesin K15B adalah mobil dengan kemampuan daya jelajah yang tinggi. Suzuki Jimny adalah mobil yang berada di kelas SUV, mempunyai fitur yang mampu untuk melewati segala macam medan jalan yang berat seperti jalan jalan yang rusak, genangan air, jalan berlumpur, tebing yang tinggi, bahkan sungai yang dangkal pun bisa dilewati oleh Suzuki Jimny ini, dengan fitur fitur yang ada pada Suzuki Jimny dibantu dengan tenaga yang besar dari type mesinnya K15B, Suzuki Jimny berhasil menjadi mobil terbaik di kelas Urban Car di kejuaraan otomotif award 2019 tingkat dunia.
0 Comments